Penyerang Barcelona Antoine Griezmann Bela Uighur

Posted on

 

Antoine Griezmann ambil sikap untuk bela etnis Uighur. Striker Barcelona itu ikhlas memutuskan kontrak kerja samanya dengan satu perusahaan China.
Dikutip Independent, Griezmann stop bekerja bersama dengan Huawei, sesudah jadi duta brand-nya semenjak 2017. Pemain sepak bola 29 tahun itu menerangkan faktanya di sosial media.

Pemicunya ialah timbulnya laporan Huawei ‘terlibat’ dalam represi ke etnis Uighur. Hal tersebut diterbitkan perusahaan penelitian pemantauan berbasiskan di Amerika Serikat, IPVM, yang dikutip Washington Post.

Dalam laporannya yang dikeluarkan Selasa (8/9), Huawei disebutkan terjebak dalam pengetesan piranti lunak pengenalan identitas bersama perusahaan Megvii di China. Piranti lunak itu diklaim dapat berikan teguran ke kepolisian, bila dapat mengetahui umur, tipe, kelamin, dan etnis seorang, terutamanya yang dari Uighur.

“Sebab keraguan yang kuat jika Huawei sudah berperan pada peningkatan ‘peringatan Uighur’ lewat pemakaian piranti lunak pengenal muka, saya selekasnya akhiri kerja sama saya dengan perusahaan,” catat Griezmann.

“Saya memakai kesempatan kali ini untuk ajak Huawei supaya bukan hanya menyanggah dakwaan ini, dan juga mengaplikasikan perlakuan secepat-cepatnya untuk menyumpah penindasan massal ini dan memakai dampaknya untuk berperan dalam menghargai hak-hak pria dan wanita di semua warga,” lanjut tulisan bekas pemain Real Sociedad dan Atletico Madrid itu.

Baca juga : Wasit Rasis, Pemain PSG dan Istanbul Basaksehir Berhenti Main

Uighur jadi perhatian karena banyak laporan jika etnis itu sedang direpresi oleh Pemerintahan China

Satu kamp fokus di Xinjiang beritanya digunakan untuk meredam dan menganiaya mereka.

Hujatan dari bermacam organisasi pembela Hak Asasi Manusia di penjuru dunia telah banyak muncul. Pemerintahan China dipaksa terbuka masalah laporan ini.

Huawei sendiri telah memverifikasi dakwaan itu. Perusahaan asal China itu benarkan laporannya, tetapi memperjelas seluruh masih hanya eksperimen.

“Itu masih hanya test dan belum menyaksikan aplikasinya di dunia riil. Huawei cuman menyuplai produk arah umum untuk pengetesan seperti ini. Kami tidak sediakan algoritma atau program spesial,” catat Huawei.

Awalnya, pemain sepak bola hebat yang turut bernada masalah Uigur ialah Mesut Oezil. Pemain tengah Arsenal itu sempat mencela habis China, sebab dipandang menganiaya etnis Uighur, yang sebagian besar berlagakma Islam.

Baca juga : Lionel Messi yang Sekarang Mulai Gampang Kehilangan Bola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *