Libas Hungaroring Hamilton Samai Rekor Schumacher

Posted on

Libas Hungaroring Hamilton Samai Rekor Schumacher – Sensasional adalah kata yang tepat untuk menggambarkan pencapaian pebalap Inggris, Lewis Hamilton setelah ia berhasil menjuarai GP F1 Hungaria 2020. Ini menjadi gelar kedelapan bagi Hamilton di sirkuit Hungaroring, Hungaria ini. Dengan demikian Hamilton menyamai rekor Michael Schumacher yang juga berhasil merebut delapan kali juara pada sirkuit yang sama.

Libas Hungaroring Hamilton Samai Rekor Schumacher

Libas Hungaroring Hamilton Samai Rekor Schumacher

Pada sesi kualifikasi sehari sebelumnya Hamilton juga menorehkan sejarah setelah berhasil meraih pole position ke-90 baginya sepanjang karir balapnya di F1. Rekor ini lebih gila lagi karena jauh melampaui pencapaian para legenda seperti Michael Schumacher (68), Ayrton Senna (65), Sebastian Vettel (57), dan Jim Clark (33). Sesi kualifikasi Hungaroring 2020 ini juga membuat kejutan setelah dua mobil Racing Point berhasil menduduki posisi tiga dan empat, di belakang duo Mercedes tentunya.

Akan halnya mobil tim kuda jingkrak, Ferrari, berada di posisi lima dan enam. Disusul Red Bull, duo Mc Laren dan Alpha Tauri untuk melengkapi sepuluh besar pebalap. Hujan deras yang membasahi sirkuit sebelum balapan berlangsung juga menambah semarak jalannya balapan. Hujan sebenarnya sudah berhenti ketika balapan akan berlangsung. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh tim Haas. Kevin Magnussen dan Romain Grosjean kemudian masuk pit untuk mengganti ban dengan tipe slick pada saat akhir formasi lap. Sementara 18 mobil lainnya tetap menggunakan ban intermediate yang jelas lebih lambat dari ban slick.

Masih ada beberapa rekor Schumacher lagi yang ingin dipecahkan oleh Hamilton

Haas memang adalah tim kecil. Akan tetapi kecerdasan lewat strategi jitu seperti ini kemudian memberi angka pertama bagi tim gurem ini. Salut Sementara itu tim Mc Laren yang sukses mereguk madu kenikmatan lewat dua seri balapan sebelumnya, kini harus kembali ke dunia nyata setelah “berhasil” merebut dua angka lewat Carlos Sainz Jr. Rekan setimnya Lando Norris justru bernasib malang setelah tertahan dan kehilangan banyak waktu di lintasan pit yang ramai di awal-awal balapan. Start dari pole Hamilton langsung melesat dengan mulus meninggalkan para seterunya. Start lamban dari Bottas kemudian membuatnya menderita. Dari posisi dua ia terpaksa turun ke posisi enam, sementara Perez juga harus turun dari posisi empat ke posisi tujuh.

Kalau ada yang berduka, pasti ada juga yang bersuka. Verstappen yang tadinya start dari posisi tujuh kemudian melesat ke posisi tiga di belakang Lance Stroll yang juga naik ke posisi dua. Sementara duo Ferrari kini melesat ke posisi empat dan lima. Lap-4. Strategi Haas mengganti ban ke tipe slick di awal balapan kemudian terbukti jitu. Hamilton kemudian masuk pit untuk mengganti ban. Langkah Hamilton kemudian diikuti semua pebalap lainnya.

Sementara itu terjadi senggolan antara Carlos Sainz dengan Nicholas Latifi di lintasan pit. Ban kiri belakang Latifi tertusuk mobil Sainz, membuat mobilnya kemudian melintir di T1 (tikungan pertama) Lap-5. Tiada disangka tiada diduga, kini duo Haas tadi sudah berada di posisi tiga dan emprat.

Kini susunan pebalap adalah Hamilton, Verstappen, Magnussen, Grosjean, Stroll, Leclerc, Bottas, Perez, Vettel dan Albon. Dimana Leclerc menjadi satu-satunya pebalap dari sepuluh besar yang memakai ban kompon soft. Lap-7. Stroll berhasil overtake Grosjean di tikungan. Kini Stroll berada di posisi empat. Lap-10. Bottas kini menapak ke posisi enam setelah berhasil mengasapi Leclerc. Lap-17. Stroll kini naik ke posisi tiga setelah berhasil overtake Magnussen. Sementara itu Bottas naik ke posisi empat setelah kemudian berhasil mengasapi Magnussen pula.

Vettel bahkan harus tertahan 9,2 detik di pit boxnya sendiri karena lintasan pit yang ramai

Gelar juara di Hungaroring Ini menjadi kemenangan ke-86 bagi Hamilton sepanjang karir balapannya di F1 bersama tim Mc Laren dan Mercedes. Perolehan Hamilton masih terpaut lima lagi dari rekor abadi Michael Schumacher yang mengantungi 91 kemenangan sepanjang karir balapnya di F1. Hamilton adalah pemegang enam juara dunia F1, sementara Schumacher adalah pemegang delapan gelar juara dunia F1. Artinya Hamilton butuh dua gelar lagi untuk menyamai prestasi Schumacher. Kalau tahun ini dan tahun depan Hamilton bisa juara dunia, maka ia akan menyamai prestasi Schumacher.

Rekor kedua milik Michael Schumacher yang dapat dipatahkan oleh Lewis Hamilton tahun ini adalah finish podium terbanyak. Dengan total 155 podium yang ia cetak bersama tim Benetton, Ferrari, dan Mercedes, Michael Schumacher merupakan pemegang rekor finish podium terbanyak sepanjang sejarah F1. Lewis Hamilton yang kini memiliki total 153 podium bersama tim McLaren dan Mercedes, hanya perlu setidaknya tiga kali naik podium untuk menggeser rekor Schumacher. Yang terakhir adalah rekor pole position terbanyak dalam balapan yang sama.

Baik Lewis Hamilton dan Michael Schumacher saat ini sama-sama memegang rekor 8 pole position berturut-turut di balapan yang sama; Hamilton di F1 Australia dan Schumacher di F1 Jepang. Sayang balapan F1 Australia 2020 yang merupakan pembuka musim F1 dibatalkan karena pandemi Covid-19. Jadi Hamilton harus menunggu F1 Australia tahun depan untuk memecahkan rekor tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *