Lahir di Bangkok dan Besar di Inggris Bagaimana Status Warga Negara Elkan Baggott

Posted on

Lahir di Bangkok dan Besar di Inggris Bagaimana Status Warga Negara Elkan Baggott – Elkan Baggott. Nama ini muncul ke permukaan, karena secara mengejutkan bek. Ipswich Town U-18 ini mendapat panggilan dari pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong untuk ikut training centre Timnas Indonesia U-19. Dikatakan mengejutkan. Karena namanya dinilai tidak sepopuler pemain-pemain keturunan Indonesia lainnya semisal Jack Brown dari Lincoln City FC U-18, atau Paul Aro yang merumput di Liga Swedia.

Lahir di Bangkok dan Besar di Inggris Bagaimana Status Warga Negara Elkan Baggott

Lahir di Bangkok dan Besar di Inggris Bagaimana Status Warga Negara Elkan Baggott

Menjadi sorotan hangat pecinta Garuda di tanah air, Paul Aro mengungkapkan keinginannya untuk bermain dengan Garuda Muda di Piala Dunia U-20. Selain isu ketiga nama di atas yang kencang bakal bergabung dengan Garuda Muda, ada juga nama Joe Ferguson, yang saat ini memperkuat Blackburn Rovers U-18. Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Tidak ingin hanya sekedar menjadi tuan rumah yang baik, Indonesia pun dituntut harus dapat berbicara di ajang itu.

Namun sebelum berlaga di Piala Dunia U-20 2021 Timnas Indonesia akan ikut berlaga di Piala AFC U-19 pada 14-31 Oktober 2020 nanti di Uzbekistan. Timnas U-19 tergabung di Grup D bersama Iran, Kamboja, dan tuan rumah. Juara di Piala AFC Uzbekistan itu akan otomatis memperoleh tiket ke Piala Dunia U-20 2021 Indonesia. Kendati tidak mempengaruhi lagi karena Indonesia sudah lolos langsung dengan status sebagai tuan rumah, namun itu tidak berarti Indonesia mengabaikan begitu saja turnamen ini.

Dilahirkan di Bangkok, Thailand, Elkon Baggott (17 tahun) adalah blasteran. Ayahnya Inggris, sedangkan ibunya Indonesia. Asisten pelatih Timnas U-19 Indonesia, Nova Arianto, mengatakan pemanggilan Baggott untuk memperkuat Timnas Indonesia bukanlah naturalisasi. Elkan Baggott bukan berpaspor Thailand, tempat kelahirannya, atau Inggris, dari ayahnya.

PSSI sendiri sudah menerima road map dari Shin

Yang bersangkutan, Elkan Baggott, mengatakan kendati dia akan memperkuat Timnas Indonesia, akan tetapi dia belum bisa berbahasa Indonesia. Elkan Baggott buta Bahasa Indonesia. Melalui channel YouTube Yussa Nugraha, Baggott mengatakan kalau orang bicara Bahasa Indonesia, dia mengerti beberapa kata, tetapi tidak bisa membalas dalam Bahasa Indonesia. Beberapa kata dalam Bahasa Indonesia dikenalnya karena dia sempat tinggal di Indonesia selama tiga tahun, mengikuti ayahnya yang bekerja di Indonesia.

Ayah sering berpindah-pindah kerja tuturnya. Sebelum bermain di klub Inggris, Baggott mulai mengenal sepakbola ketika dia masuk ke Arsenal Training Center di Jakarta dan BSJ (British School Jakarta). Ini (BSJ) adalah tim pertama saya tuturnya. Sesudah dari BSJ, Baggott pindah ke Inggris dan bermain untuk tim Liga Amatir Sunday League. Dari sana, dia pindah ke kasta yang lebih tinggi, bermain untuk Witham Town.

Setelahnya, Baggott dipanggil untuk bergabung dengan tim junior Ipswich Town, yang berkompetisi di Premier League nya level junior di Inggris. Berposisi sebagai bek, Baggott sudah menjalani dua musim di Ipswich Town U-18. Lawan-lawan yang dihadapi timnya antara lain Burnley, Crystal Palace, dan Watford. Pemain dengan postur 194 cm itu akan bergabung dengan 45 pemain lainnya di Pemusatan Latihan di bawah bimbingan Shin Tae-yong. Jadwal Training Center U-19 yang digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2020 juga berbarengan dengan Training Center seniornya.

Jika Shin Tae yong memanggil 46 U-19 untuk TC ini untuk seniornya Shin

Pelatih Ipswich Town U-18 memuji penampilan Baggott. “Punya fisik yang bagus. Kuat dan dinamis, tidak takut bertahan ketika dibutuhkan,” kata sang pelatih kepada zing. Sukses bermain untuk Ipswich Town, kini Baggott mempunyai peluang besar untuk mewujudkan mimpinya membela Timnas Indonesia, serta kesempatan untuk membuktikan kualitasnya.

Setelah sekian lama tertunda, akhirnya Shin Tae-yong tiba juga di Jakarta pada Rabu (22/7/2020) malam. Pelatnas digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Road map Garuda senior terutama ditujukan untuk persiapan melakoni tiga laga tersisa Kualifikasi Piala Dunia 2022, yaitu melawan Vietnam, Ini Emirat Arab, dan Thailand.

Kendati sudah tertutup kemungkinannya lolos, akan tetapi kemenangan akan mempengaruhi peringkat Indonesia di FIFA. Road map Shin Tae-yong lainnya adalah melakoni Piala AFF bulan Nopember-Desember tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *