Kemenangan Oliveira dan Catatan Sejarah yang Menyertainya

Posted on

Kemenangan Oliveira dan Catatan Sejarah yang Menyertainya – Lagi dan lagi, Sirkuit Red Bull Ring yang kali ini berubah judul menjadi GP Styria menyuguhkan sebuah drama balapan yang sangat fantastis. Semuanya menjadi anti-klimaks. Balapan dimulai, Joan Mir, Miller, dan Takaaki Nakagami mengisi slot 3 barisan terdepan. Sesaat semuanya terlihat sama, Red Flag pun berkibar. Maverick Vinales harus menjatuhkan dirinya setelah YZR-M1 yang ia kendarai memiliki masalah pada pengereman.

Kemenangan Oliveira dan Catatan Sejarah yang Menyertainya

Kemenangan Oliveira dan Catatan Sejarah yang Menyertainya

Motor pun terbakar dan menabrak pembatas udara ( air fence). Sehingga steward perlu melakukan perbaikan juga membersihkaan puing motor yang berserakan. Balapan kembali dimulai dan hanya menyisakan 12 lap lagi. Semuanya pun berubah, Mir dan Nakagami harus terlempar dari posisi tiga besar. Sementara itu Miller, Espargaro, dan Oliveira saling berebut untuk menduduki posisi puncak. Espargaro dan Miller seakan menjadi pemeran utama dalam balapan ini.

Keduanya mempertontonkan manuver-manuver yang sangat luar biasa. Keberingasan KTM RC-16 harus melawan power besar dari Desmosedici. Hingga lap terakhir pun tiba. Miller berhasil mencuri posisi puncak milik Espargaro. Sampailah di tikungan sembilan, Espargaro mencoba untuk melakukan manuver yang cukup ekstrim. Dengan kontur sirkuit yang menurun ditambah tikugan yang cukup cepat, Espargaro berhasil melakukannya. Akan tetapi tidak berhenti di situ, Miller kembali membalas manuver tersebut.

Keduanya pun akhirnya harus melebar. Oliveira yang sedari tadi menguntit di belakang tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Pembalap asal Portugal ini pada akhirnya bisa meraih kemenangan pertamanya sepanjang karirnya di MotoGP. Tentu tak ada yang menyangka Oliveira akan meraih kemenangan tersebut. Semua berjalan sangat cepat dan anti-klimaks.

Di tikungan terakhir Dikarenakan space yang cukup sempit

Dan pembalap KTM Tech3 yang satu ini adalah satu-satunya orang yang dapat memaksimalkan kesempatan tersebut. Setidaknya lewat kemenangan Oliveira di GP Styria, ada beberapa catatan yang akan tersemat indah dalam sejarah balapan MotoGP.

1. Kemenangan pertama bagi Portugal di MotoGP
Miguel Oliveira adalah pembalap Portugal pertama yang mampu memenangkan balapan di kelas MotoGP. Tentunya hal ini merupakan pencapaian yang sangat baik bagi Oliveira secara individu dan juga Portugal sebagai negara.

Oliveira merupakan harapan satu-satunya bagi negara di ujung barat Eropa sejauh ini. Mengingat tidak ada lagi yang bisa mengikuti pencapaiannya.

2. Kemenangan pertama bagi bagi Tech3

Tech3 merupakan salah satu tim independen yang telah ikut serta dalam gelaran MotoGP sejak tahun 2000 lalu. Tim asal Perancis ini selalu konsisten meraih hasil maupun prestasi yang gemilang. Bersama Yamaha, Tech3 berada puncak kesuksesannya dan meraih banyak sekali raihan podium, akan tetapi nihil kemenangan. Tim yang dipimpin oleh Herve Poncharal ini melakukan perjudian pada tahun 2019 lalu dan memutuskan untuk bekerjasama dengan tim baru KTM.

Namun perjudian tersebut berakhir manis. Setelah 20 tahun lamanya, Miguel Oliveira dan KTM berhasil mempersembahkan kemenangan pertama bagi tim ini.

3. Kemenangan pertama KTM di Red Bull Ring

Yang lebih spesialnya lagi, Oliveira berhasil membawa KTM menjuarai seri di rumahnya sendiri. Sejak diselenggarakannya MotoGP Austria tahun 2016 lalu, pabrikan tuan rumah belum pernah mencicipi satu pun kemenangan bahkan podium. Namun balapan kemarin terasa sangat spesial karena selain kemenangan, KTM juga berhasil mengisi podium ke-3 lewat pembalapnya Pol Espargaro.

4. Pembalap ke-112 yang berhasil menjuarai seri di kelas MotoGP

Pada seri Styria kemarin, MotoGP baru saja menggelar balapan ke-900 sejak pertama kali menyelenggarakan balapan pada tahun 1949. Oliveira sukses menyabet kemenagan di waktu yang sangat spesial. Selain itu Oliveira juga tercatat sebagai pembalap ke-112 yang berhasil meraih kemenangan di kelas para raja.

5. Si dokter gigi tercepat di dunia.

Kemenangan pertamanya di MotoGP sekaligus semakin mempertegas bahwa ia adalah dokter gigi tercepat di dunia. Mungkin julukan The Doctor sudah melekat pada sosok Valentino Rossi. Akan tetapi Oliveira adalah dokter sesungguhnya di MotoGP (ya, walaupun makna dari “doctor” disini juga berbeda). Kesibukannya di lintasan balap, tak lantas membuat ia mengubur cita-citanya sebagai dokter gigi. Sejauh ini Oliveira masih mengenyam pendidikan kedokteran gigi untuk merealisasikan impiannya tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *