Jelang MotoGP Jerez Quartararo Tercepat Insiden Honda Suzuki di Free Practise

Posted on

Jelang MotoGP Jerez Quartararo Tercepat Insiden Honda Suzuki di Free Practise – Fabio Quartararo mengukuhkan diri sebagai pebalap tercepat pada sesi kualifikasi jelang balap perdana kelas MotoGP di sirkuit Jerez. Quartararo yang merupakan pebalap satelit Yamaha itu mencatat waktu 1’36.705, mengungguli best race record kampiun Jerez tahun lalu, Marc Marquez yang hanya menorehkan waktu 1’38.051. Hal ini menjadi sinyalemen bahwa dirinya masih menjadi rival potensial terutama bagi Marquez dalam memperebutkan posisi terdepan. Pantas saja Yamaha kesengsem dan menggaetnya ke tim pabrikan pada 2021 – 2022 mendatang.

Jelang MotoGP Jerez Quartararo Tercepat Insiden Honda Suzuki di Free Practise

Jelang MotoGP Jerez Quartararo Tercepat Insiden Honda Suzuki di Free Practise

Sebelumnya, pebalap 21 tahun itu dinyatakan bersalah karena menggunakan komponen ilegal pada Yamaha R1-nya saat menjalani latihan di Sirkuit Paul Ricard, Perancis. Alhasil, panitia memotong durasi latihannya di free practise 1 sebanyak 20 menit. Meski begitu, tetap saja dia menjadi yang tercepat di kualifikasi.

Di posisi start ke dua tampil pebalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales. Hanya berselisih 0.109 detik dari Quartararo, Vinales nampaknya ingin kembali mengulangi kesuksesannya di 2019 yang berhasil menapaki podium. Tentu tahun ini dia tak hanya menargetkan podium ke-3 namun menjadi juara. Sementara itu Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez hanya menempatkan diri di starting grid ke tiga setelah sempat tampil tercepat di sesi free practice 1 dan 4. Sesi free practise ke-3 diwarnai insiden yang melibatkan Marc Marquez dan pebalap Suzuki, Alex Rins.

Saat di-overtake Marquez di salah satu tikungan. Insiden itu mengundang perhatian FIM-steward untuk menginvestigasinya. Namun dalam rilisnya di MotoGP.com, diputuskan bahwa insiden itu tak akan ditindaklanjuti setelah dilakukan review. Hal itu membuat manager Suzuki Ecstar, Davide Brivio kecewa. Menurutnya, Marquez seharusnya melambatkan laju motornya sebab sebelum insiden itu marshall telah melambaikan bendera kuning. Brivio pun beranggapan bahwa the Baby Alien dengan sengaja menghalangi laju Rins.

Rins terlihat kesal dengan mengangkat tangan kiri dan memukul tangki motornya

Tahun lalu, Marquez bersaing ketat dengan Rins untuk memperebutkan podium teratas. Pada akhir lomba, perolehan kedua pebalap Spanyol itu hanya berselisih 1 poin dimana Marquez memimpin dengan 70 poin. Pada seri perdana ini, Rins justru akan absen akibat cedera yang dialaminya. Dia mengalami crash hebat saat melintasi tikungan 11. Spesialis traumatologi MotoGP, Dr. Mir menjelaskan bahwa Rins mengalami dislokasi bahu kanan.

Kali ini Rins hanya mampu start di posisi ke delapan, 1 grid di bawah Andrea Dovizioso. Pramac Racing Selamatkan Muka Ducati Absennya pebalap andalan Ducati. Andrea Dovizioso di barisan depan tak membuat Ducati tersisihkan dari peta persaingan. Sebab duet Pramac Racing, Francesco Bagnaia dan Jack Miller mampu menempatkan diri di grid ke empat dan ke lima. Tahun depan, Miller sudah dipastikan akan menjadi pebalap di tim pabrikan setelah Danillo Petrucci dilepas oleh Mission Winnow.

Pebalap Autralia itu akan meneruskan catatan perjalanan Aussie di tim utama setelah Casey Stoner dan Troy Bayliss undur diri dari kancah MotoGP. Sementara itu, negosiasi antara Ducati dan Dovizioso nampaknya berjalan alot. Bahkan sempat muncul isu bahwa Ducati akan kembali mendatangkan Jorge Lorenzo ke paddock-nya. Namun hal itu diluruskan oleh Direktur Olahraganya, Paolo Ciabatti. Ciabatti justru menyebut 2 nama lain yang akan menjadi opsi jika negosiasi dengan Dovi gagal. Yakni rekan setim Miller, Franscesco Bagnaia dan pebalap Avintia Racing, Johann Zarco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *