9 Pemain Indonesia yang Pernah Merumput di Liga Malaysia

Posted on

Saat sebelum Syahrian Abimanyu, telah ada banyak pemain Indonesia yang beraksi di Liga Malaysia. Di bawah ini ada 9 jejerannya.
Indonesia mempunyai banyak beberapa pemain bermutu, seringkali beberapa salah satunya dilirik oleh beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand.

coba meringkas beberapa nama pemain yang pernah bermain di Malaysia. Siapa sajakah?

1. Andik Vermansah

Andik terdaftar 2x bela club asal Malaysia, saat sebelum Selangor FA, ia sempat juga merumput di Kedah FA.

Bersama Selangor, dia dikontrak sepanjang masa 2013-2018. Dalam 68 performanya, dia sukses cetak 15 gol.

Kemudian, dia dikontrak Kedah sepanjang satu musim (2018-2019). Sepanjang itu, dari 18 performanya, ia sukses cetak 11 gol.

2. Evan Dimas

Pemain yang lain sempat juga bermain di liga Malaysia adalah Evan Dimas. Penawaran itu berawal semenjak kwalifikasi Piala Asia U-23. Waktu itu, Tim nasional U-23 Indonesia sedang bertanding di Bangkok, Thailand.

Kemudian, pemain tengah asal Surabaya itu dikontrak Selangor FA sepanjang satu musim pada 2018 kemarin. Dari 20 performanya, ia cuman mengumpulkan 2 gol.

3. Saddil Ramdani

Pemain yang lain yang sempat juga bermain di Liga Malaysia adalah Saddil Ramdani. Pemain Bhayangkara Solo FC itu pernah tergabung ke Pahang FA pada Januari 2019.

Sejauh bela Pahang FA, Saddil tampil di 21 laga dan cuman mengumpulkan 2 gol. Sebelumnya terakhir, kontraknya tidak dilanjutkan sebab beritanya timnya alami permasalahan keuangan.

4. Ilham Udin

Ilham dikontrak Selangor FA sepanjang satu musim (2018). Ia terdaftar cuman menyumbangkan 1 gol dalam 16 kali laga yang ia mainkan di Liga Malaysia.

Selanjutnya, kontrak Ilham di club Malaysia itu ditetapkan tidak diperpanjang. Ilham diberitakan pengin lebih dekat sama orang tuanya.

Baca juga : Tidak Digunakan Red Bull Racing untuk F1 2021, Alex Albon: Sakit Sekali!

5. David Laly

Pemain dari Papua, David Laly, sempat juga mencicip Liga Malaysia. Ia dikontrak oleh Felcra FC untuk bertanding di Liga Malaysia musim 2018.

David Laly bermain sekitar 20 kali untuk Felcra, dengan menyumbang sekitar lima gol. Ia mengantar Felcra FC jadi runner-up Malaysia Premier League 2018.

6. Elie Nodaoy

Elie Nodaoy pernah merumput di Liga Malaysia bersama Selangor FA. Peristiwa itu berlangsung pada bentang 2005-2007 lalu pada 2008-2009.

Prestasi tinggi dicapai oleh Elie Nodaoy bersama Selangor dengan perolehan tiga piala. Kemenangan di gelaran Malaysia Premier League, Malaysia FA Cup, dan Malaysia Cup 2005 yang sukses disembahkan.

7. Bambang Terakhir

Bambang Terakhir mengadu nasib bersama Elie Nodaoy di bentang 2005-2007. Ia jadi goal getter Selangor FA waktu itu.

Dalam 63 performa di seluruh gelaran, Bepe menyumbang 42 gol. Ia juga memberikan andil besar waktu Selangor FA memenangkan tiga gelaran pada tahun 2005.

8. Ponaryo Astaman

Ponaryo Astaman jadi pemain Indonesia yang pernah bermain di negeri jiran, Malaysia. Melaka TMFC yang dibela oleh pemain kelahiran Balikpapan itu.

Sekitar 20 laga ditempuh oleh Ponaryo bersama Melaka FC. Ia memberikan andil sekitar 12 gol.

9. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto jadi pemain selanjutnya pernah rasakan atmosfer Liga Malaysia. Sarawak FA yang pernah diperkokohnya.

Ia tampil benar-benar produktif dengan bantuan 29 gol dari 31 laga. Sesudah jadi pelatih, Kurniawan sempat mencoba jadi pelatih Sabah FA.

Kurniawan bekerja di bentang 19 Desember 2019 sampai 22 November 2020. Rekornya kurang oke, dalam 11 laga menuai 2 kemenangan, 3 hasil seimbang, dan 6 kali roboh.

Baca juga : Gagasan dan Eksekusi yang Masak Antar Leicester Bungkam Tottenham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *